Thursday 2 June 2016

Pengertian Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi
Istilah Ekonomi berasal dari bahasa Junani yaitu Oikonomeia terdiri dari dua kata “Oikos= Rumah tangga dan Nomos=Peraturan” artinya mengatur Rumah Tangga
Perintis Ilmu Ekonomi adalah :  Plato, Xenophon, Aristoteles, Thomas Aquino, dll.
Ilmu Ekonomi  adalah Ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhannya. Ekonomi adalah Ilmu yang mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, karena setiap manusia membutuhkan makanan, minuman, pakaian, rumah, hiburan dsb.
Semua kebutuhan itu digunakan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, namun tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi, dikarenakan sifat manusia yang tidak pernah puas akan segala sesuatu yang dimilikinya dan sumber daya yang ada tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia tsb.
Keterbatasan kebutuhan inilah yang disebut dengan kelangkaan, dan menuntut manusia agar dapat mengatasi masalahnya yaitu untuk memenuhi kebutuhannya, dan cara-cara manusia mengatasi kebutuhannya tersebutlah yang akhirnya memunculkan sebuah ilmu baru yang disebut ILMU EKONOMI.
www.kertasputih.tk

No comments:

Post a Comment